Pengenrtian Tamanam Hidroponik Dan Manfaatnya

Menanam sayuran secara hidroponik adalah cara terbaik untuk memaksimalkan panen dalam ruangan. Sistem berkebun bebas tanah ini adalah cara yang memuaskan untuk menuai kebaikan yang ditanam di rumah.

APA ITU HYDROPONICS

Tanaman hidroponik tumbuh di air kaya nutrisi beroksigen, yang diumpankan ke sistem akar. Daripada tanah, sistem akar tanaman sering didukung oleh media tumbuh kasar, seperti vermikulit, Rockwool, pelet tanah liat, perlit atau lumut gambut. Air diberi oksigen dengan pompa, batu oksigen atau diangin-anginkan melalui sistem infus – oksigen sangat penting untuk menjaga tanaman tetap hidup dan berkembang.

MANFAAT HIDROPONIK

• Tumbuh cepat

• Hasil tinggi (tanaman tomat masing-masing dapat menghasilkan 14kg buah)

• Baik untuk lahan kecil

• Musim tanam musim dingin yang diperpanjang

• Efisiensi air: sistem hidroponik menggunakan lebih sedikit air daripada kebun konvensional

Bibit tomat di rockwool.

SISTEM DAN SOLUSI

Nutrient Film Technique (NFT), Deep-water Culture (DWC) dan Ebb and Flow (lihat di bawah) adalah sistem dan peralatan yang paling umum untuk mereka yang tersedia dari toko hidroponik dan perangkat keras dan Trade Me. DWC adalah yang paling mudah diakses untuk pemula; sistem DIY berbiaya rendah yang kurang rentan terhadap penyakit. Sementara sistem hidroponik hobi lepas landas di Amerika Serikat dan Eropa, lebih sedikit kit pemula tersedia di Selandia Baru (coba Autopot dari Easygrow.co.nz , Bubble Grow dari hydromart.nz, Egmont Hydroponic CompleteKit dari toko perangkat keras, atau cari model hobi di Trade Me). Solusi air nutrisi dapat dibeli dari Trade Me dan toko hidroponik, dan solusi hidroponik Egmont tersedia di toko perangkat keras, (solusi Egmont memungkinkan petani untuk menyesuaikan tingkat nutrisi sesuai dengan kebutuhan tanaman).

Tanaman yang cocok

Tanaman cepat matang seperti roket, kangkung, selada, dan bayam

• Herbal seperti kemangi, peterseli, oregano, ketumbar, dan mint

• Selada air sangat cocok untuk NFT atau Pasang surut

• Dengan aerasi yang baik dan penyangga pertumbuhan, tomat, cabai , terong dan kacang runner tumbuh dengan baik di DWC

• Stroberi tumbuh dengan baik karena sistem akarnya yang dangkal dan dapat ditanam dari runner

Lebih banyak cerita yang mungkin Anda sukai:


JENIS-JENIS HIDROPONIK

aeroponik

Aeroponik

Sistem aeroponik menyemprotkan akar tersuspensi

dengan kabut halus nutrisi, yang memungkinkan

paparan oksigen maksimum. Meskipun rumit dan mahal, Aeroponik terbukti menjanjikan untuk masa depan produksi sayuran perkotaan.

Di California, beberapa pertanian perkotaan menggunakan sistem menara vertikal yang disebut Vertigro untuk menanam tanaman besar di ruang kecil, dengan air minimal.

hidroponik pemula

Nutrient Film Technique (NFT)

Salah satu metode tertua, NFT populer di kalangan petani komersial.

Ini menggunakan saluran air yang digerakkan oleh gravitasi untuk menciptakan aliran air padat nutrisi yang berkelanjutan di atas akar tanaman. Sistem hobi dapat dibangun dalam bentuk A-frame atau miring untuk menciptakan tarikan gravitasi. Sistem NFT hanya membutuhkan sedikit air nutrisi (lebih seperti lapisan tipis) karena akar hanya terkena nutrisi sebagian. Ini adalah metode yang sangat efisien, tetapi sistem hobi rentan terhadap kerusakan jika air berhenti mengalir.

ilustrasi hidroponik pasang surut

Pasang surut

Sistem ini bekerja dengan membanjiri bedengan secara berkala, kemudian mengalirkan air untuk mengekspos akar ke oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Ebb and Flow menggunakan pompa terendam pada pengatur waktu untuk membanjiri baki pertumbuhan untuk sementara. Sistem yang andal ini paling cocok untuk penanam hidroponik berpengalaman.

sistem DWC hidroponik pemula

Deep-Water Culture (DWC)

Kadang-kadang dikenal sebagai sistem reservoir, akar tanaman DWC melekat pada media tumbuh dalam pot jaring dan disuspensikan dalam wadah yang dalam berisi larutan nutrisi. Sebuah pompa memberikan oksigen ke air untuk mencegah akar tenggelam. Paket untuk sistem DWC tersedia secara gratis di instrucables.com dan semudah membuat lubang pada tutup

ember atau bak penyimpanan plastik. Pastikan untuk menggunakan wadah buram untuk menghindari cahaya mencapai air dan mendorong pertumbuhan alga. Untuk opsi siap pakai yang terjangkau, cobalah sistem ember Bubble Grow dari hydromart.nz. Kelemahan DWC adalah pemadaman listrik atau kegagalan pompa udara, yang akan menyebabkan tanaman mati dalam beberapa jam; dan hanyabeberapa tanaman yang dapat ditanam pada satu waktu.

Tips DWC

• Pertahankan suhu antara 18-22°C

• Sistem akar dapat menjadi besar; jangan biarkan mereka menyumbat pompa air

• Bibit atau runner stroberi dari tanah dapat ditransplantasikan langsung ke dalam polong dan media tanam, meskipun ada risiko infeksi jamur. Untuk transplantasi, cukup kocok tanah dari akarnya, lalu biarkan akar terendam dalam segelas air selama 10 menit.

akar hidroponik

SEED MULAI UNTUK DWC

Anda akan membutuhkan

● Rockwool

● Baki propagasi atau pot plastik tertutup

● Sedikit vermikulit

● Tusuk gigi

● Handuk kertas

● Pod jaring

● Air nutrisi

Rockwool adalah media termudah untuk memulai benih untuk hidroponik; kuncinya adalah cukup basah untuk mendorong perkecambahan, tetapi tidak terlalu basah sehingga menghambat oksigen. Untuk berkecambah di Rockwool, potong dadu dan rendam dalam air sampai jenuh, lalu pindahkan ke bak cuci selama 15 menit untuk membiarkan sebagian air mengalir. Letakkan Rockwool basah di nampan propagasi tanpa lubang drainase – nampan propagasi ambang jendela sangat ideal – dan gunakan tusuk gigi basah untuk mentransfer benih ke dinding kubus. Tutup benih dengan sedikit vermikulit, basahi dengan penyemprot air, lalu biarkan berkecambah. Setelah benih berkecambah dan daun sejati telah terbentuk, isi setengah polong jaring dengan media tanam (seperti bola tanah liat), masukkan Rockwool ke dalam polong dan isi bagian atas dengan bola tanah liat – pangkal tanaman harus di atas permukaan .

Dari

segi air • Air keran cenderung mengandung klorin, yang dianggap menghambat pertumbuhan tanaman. Untuk menghilangkan klorin, biarkan air dalam ember selama 24 jam untuk menguapkan bahan kimia. Untuk mempercepat proses, pompa air dengan pompa udara.

• Tanaman peka terhadap tingkat pH – uji dengan

penguji pH elektronik dan sesuaikan tingkat dengan larutan (tersedia di Trade Me) atau dengan menambahkan soda kue untuk meningkatkan kandungan basah atau asam nitrat untuk membuat air lebih asam.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan kepada anda semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *